Rab. Sep 28th, 2022

warna Carob

Pohon carob atau yang lebih di kenal dengan Ceratonia siliqua biasanya memiliki biji yang di olah menjadi carob powder. Pada umumnya hal ini di gunakan untuk alternatif dari bubuk kakao atau cokelat karena teksturnya begitu mirip. Biasanya, bubuk carob ini digunakan sebagai sebuah pemanis alami dalam olahan kue.

Ternyata setelah di selidiki lebih detail tidak hanya itu, carob juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan atau menjadi obat. Mulai dari membersihkan tenggorokan sampai juga pada meredakan keluhan di pencernaan. Bentuknya dan warna Carob ini sendiri beragam bukan hanya bubuk, namun ada juga berupa sirup hingga pil.

Ketahui Jika Warna Carob yang Bervariasi Berguna Untuk Obat

Manfaat dan keunggulan carob untuk obat

1. Kandungan nutrisi yang tinggi

Bagi yang sedang menjalani diet rendah lemak, tentu saja carob powder menjadi pilihan yang tepat. Karena jelas jika, kandungan lemaknya nyaris nihil. Tetapi perlu diingat jIka kandungan gulanya cukup tinggi, yaitu sekitar enam gram dalam tiap dua sendok makan bubuk carob.

Tapi, tetap saja kandungan gula ini masih jauh lebih rendah jika harus dibandingkan dengan produk turunan coklat. Sebut saja chocolate chips yang mana mengandung hingga 92 gram gula. Jika dibandingkan dengan bubuk carob yang hanya memiliki kadar 51 gram saja.

2. Kaya serat dan juga gluten-free

Khusus yang tidak dapat toleransi kandungan gluten, carob powder bisa jadi sahabat baru Anda. Karena, tidak ada gluten di dalamnya. Kelebihan lainnya yaitu dalam dua sendok makan bubuk carob terdapat sekitar kurang lebih 5 gram serat. Artinya, di mana jika sudah memenuhi 20% rekomendasi asupan harian.

Asupan serat yang cukup di sini juga akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Kelebihan lainnya yaitu untuk menjaga gula darah terkendali, mencegah konstipasi. Dan tentu saja untuk menjaga agar tidak mengkonsumsi kalori berlebihan.

3. Tinggi kalsium

Faktor lain yang membuat carob juga lebih sehat ketimbang kokoa yaitu kandungan kalsiumnya. Mineral yang penting ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang ini ada sejumlah 42 miligram dalam dua sendok makan bubuk carob. Kalsium juga di khususkan untuk menjaga fungsi otot, saraf, dan jantung tetap sehat.

Selain itu, ada juga perbedaan lainnya yaitu carob tidak mengandung oksalat. Zat ini dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Selain itu, konsumsi oksalat berlebih juga bisa meningkatkan risiko memiliki batu ginjal.

4. Meredakan masalah pencernaan pada tubuh

Khusus yang kerap kali mengalami masalah pencernaan, coba konsumsi carob. Ada juga kandungan tanin di dalamnya. Berbeda dengan tanin dalam tanaman yang mana dapat dengan mudah larut dalam air. Sedangkan untuk tanin yang ada di carob justru memberikan efek kering di saluran pencernaan.

5. Bebas kafein

Kopi di sini juga memang bisa jadi mood booster saat dikonsumsi di waktu yang tepat. Tetapi bila berlebihan, tentu dampaknya tidak baik. Mulai dari masalah seperti halnya pencernaan, insomnia, detak jantung terlalu cepat, sampai pada merasa gelisah. Kabar baiknya lagi, bubuk carob tidak mengandung kafein sama sekali. Jadi, sangat dengan mudah jika menjadi alternatif bagi yang sensitif terhadap kafein.

6. Bebas tyramine yang dapat pemicu migrain

Ternyata Carob di sini juga berfungsi sebagai obat migran. Ada produk turunan asam amino yang nyatanya memicu migrain, dan di beri nama tyramine. Makanan tinggi tiramin ini dapat memicu migrain seperti halnya keju yang dibiarkan menua, daging, sayuran fermentasi, cokelat, dan minuman beralkohol.

Nah jadi seperti itu kiranya fungsi dari Carob yang mana berfungsi sebagai obat. Semoga bermanfaat bagi Anda semua ya!