Sel. Okt 26th, 2021

Mengganti warna rambut adalah salah satu cara paling cepat untuk mengubah penampilan seseorang. Dengan warna rambut yang berbeda, Kita dapat terlihat lebih segar. Dan saat ini tren mewarnai rambut tidak lagi terbatas pada satu warna, tapi sangat variatif dengan warna-warna berani dan mencolok. Balayage dan ombre adalah style pewarnaan rambut yang diminati beberapa waktu ini.

Cara Merawat Rambut Berwarna

Style warna rambut Ombre berasal dari bahasa Perancis yang berarti “bayangan”. Secara mudah style Ombre memberikan efek rambut dua warna secara horisontal, bagian atas rambut merupakan warna yang lebih gelap sementara bagian bawah rambut diwarnai dengan warna yang lebih terang. Style Balayage juga berasal dari bahasa prancis yang berarti “Menyapu”. Style ini memberikan perbedaan warna yang halus secara horisontal dan menimbulkan efek rambut berkilau seperti terkena matahari.

Perawatan rambut yang diwarnai

Tidak ada yang lebih buruk daripada menghabiskan banyak uang di salon untuk mendapatkan warna tren terbaru dan kemudian warnanya memudar setelah seminggu karena tidak dirawat dengan baik. Selain itu, karena penggunaan zat kimia tertentu, rambut yang diwarnai menjadi sangat rapuh dan mudah rusak, maka diperlukan perawatan khusus agar warna rambut dapat bertahan lebih lama dan tetap terlihat bersinar. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips merawat rambut berwarna yang dapat dilakukan di rumah, tentu ini akan lebih menyenangkan daripada pergi ke salon yang seringkali memakan waktu dan mahal.

1. Tunggu Selama Tiga Hari Sebelum Mencuci Rambut Yang Baru Diwarnai

Jangan keramas setidaknya 72 jam setelah pewarnaan, jika tidak, warnanya akan mudah luntur. Proses kimiawi selama pewarnaan rambut membuat kutikula rambut terbuka dan rentan rusak. Pewarna rambut secara kimiawi mengubah struktur rambut. Rambut ini lebih keropos dan mudah rusak.

2. Gunakan Shampo Pelindung Warna

Shampo untuk rambut berwarna memainkan peran utama dalam menjaga warna rambut agar tidak kehilangan kecerahannya. Saat keramas, gunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai. Shampo ini akan melindungi rambut sekaligus menyeimbangkan pH alaminya. Shmpo yang aman untuk warna menjaga warna rambut mengandung bahan-bahan yang menghidrasi, menutrisi dan memulihkan dan memperbaiki rambut.

3. Jangan Terlalu sering keramas

Sering-sering mencuci rambut yang diwarnai akan menyebabkan pewarna luntur dan warnanya memudar. Sering mencuci juga menghilangkan minyak alami rambut, membuatnya kering, kusam, dan tidak berkilau. Untuk mencegahnya, cuci rambut lebih jarang. Ini juga akan membuat warna rambut terlihat cerah.

4. Kondisikan Rambut

Setiap kali keramas jangan lupa gunakan kondisioner. Namun sebelum itu pastikan kondisioner yang dipilih juga aman untuk warna rambut. Kondisioner ini membentuk pelindung pada setiap helai rambutdan  kutikula sehingga mengunci kelembapan yang menambah kilau, volume, dan kilau pada rambut.

5. Hindari Suhu Tinggi

Cobalah untuk mandi dengan air dingin, karena air panas dapat merusak dan memudarkan rambut yang diwarnai. Ini juga berlaku untuk alat penata panas seperti alat pengeriting rambut, pelurus rambut, dan pengering rambut. Lapisan pelindung luar rambut terganggu karena panas membuka kutikula dan pewarna mudah luntur. Gunakan serum atau semprotan rambut setiap kali harus menata rambut.