Sab. Mar 2nd, 2024

verifikasi biometrik

Berbagai transaksi dapat dilakukan hanya dengan smartphone dan koneksi internet saat ini. Anda juga pasti tidak asing dengan verifikasi biometrik yang biasanya digunakan saat membuka kunci smartphone atau saat melakukan transaksi. Verifikasi biometrik yang sering dijumpai contohnya adalah pemindaian sidik jari yang merupakan data biometrik. Data biometrik (biometric data) mengacu pada catatan yang mengidentifikasi seseorang secara unik, seperti sidik jari.

Biometrik secara luas juga digunakan untuk menyebut berbagai metode untuk memperoleh, menyimpan, dan menggunakan data biometrik. Dua penggunaan utama biometrik meliputi identifikasi individu untuk dapat mengakses fasilitas tertentu serta berbagai aplikasi untuk mengatasi dan mencegah kejahatan.

Kelebihan sistem biometrik adalah data biologis seperti di atas tidak bisa diduplikasi, sebab setiap orang pasti memiliki data biologis tersendiri. Selain itu, pengguna tidak perlu menghafal password yang seringkali berbeda-beda untuk setiap aplikasi. Data biometrik sendiri terdapat beberapa jenis. Ini beberapa di antaranya.

Sidik jari

Pemindai sidik jari telah semakin banyak digunakan karena dipicu oleh penggunaan smartphone. Perangkat apa pun yang dapat disentuh, seperti layar ponsel, mouse komputer atau panel sentuh, atau bahkan panel pintu, berpotensi menjadi pemindai sidik jari yang mudah dan nyaman.

Wajah

Wajah merupakan jenis biometrik yang sudah sangat umum digunakan dalam verifikasi biometrik sebagai bagian dari interaksi visual suatu individu. Sistem ini berusaha mengotentikasi data seseorang berdasarkan fitur wajah orang tersebut.

Pemindai retina

Pemindai retina adalah sistem pemindai biometrik yang bertujuan untuk mencari pola atau ciri khas tertentu yang terdapat di retina mata seseorang. Sebab sama seperti bagian tubuh lainnya, retina mata setiap orang juga berbeda-beda.

Voice recognition

Tidak hanya tampilan fisik, suara manusia juga berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, suara juga dapat digunakan untuk mengotentikasi keaslian data seseorang. Anda tidak akan mendapatkan akses ke layanan yang Anda tuju apabila suara yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data yang ada di dalam database aplikasi tersebut.